Wednesday, January 7, 2015

Gerakan Senam bagi Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)

Gerakan Senam bagi Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)
Gerakan Senam bagi Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)
Gerakan Senam bagi Ibu Hamil (Cara Senam Hamil) - Pada masa kehamilannya, ibu lebih memperhatikan tentang daya tahan tubuh. Tidak hanya daya tahan tubuh yang diperhatikan oleh ibu hamil, namun kesehatan calon bayi juga harus diperhatikan dengan ekstra. Selain mengatur asupan gizi bagi ibu dan buah hati, hendaknya ibu melakukan olah raga seperti senam hamil. Senam hamil ialah sebuah terapi yang melakukan gerakan-gerakan yang berfungsi melemaskan otot dalam tubuh serta peredaran darah menjadi lancar.

Dengan begitu tubuh terasa lebih segar, bugar dan rileks. Selain itu juga senam ini berfungsi untuk mempersiapkan fisik dan mental pada saat persalinan yang aman dan cepat. Kebanyakan dari ibu hamil meyakini bahwa senam ini berbahaya bagi bayi yang mereka kandung, sehingga sangat takut untuk melakukan senam hamil sendiri. Namun ini dia beberapa gerakan-gerakan senam bagi ibu hamil yang aman dan bisa anda lakukan di rumah :

  1. Duduk dan bersila dengan badan yang tegak, biarkan tangan berada di depan, dan tenangkan pikiran anda. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, atau anda dapat melakukannya ketika anda sedang bersantai.
  2. Posisi badan yang merangkak, posisi lutut dengan telapak tangan harus sejajar dengan lantai. Lalu lakukanlah gerakan-gerakan berikut ini : tundukan kepala lalu lihatlah bagian bawah perut anda, bersamaan dengan itu angkat pinggang anda, kemudian angkat kembali kepala anda dengan menurunkan kembali pinggang anda, lakukan hal tersebut dengan mengatur nafas. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut otot perut dan otot pinggul anda akan terasa lebih lemas. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan teratur.
  3. Posisi merangkak, senderkan kepala anda pada lantai sambil merentangkan tangan anda, namun posisi lutut tetap tegak. Lakukanlah posisi ini dengan kepala yang menoleh kanan dan kiri. Bertahanlah selama beberapa menit atau lakukan sesuai dengan kemampuan anda.
  4. Duduklah di atas bantal duduk, kasur ataupun matras dengan posisi yang mengangkang, condongkan badan ke belakang dengan dibantu oleh tangan yang menahan pada lantai. Lalu gerakanlah kaki ke atas, ke bawah, samping kanan dan samping kiri. Lakukakan gerakan tadi secara berulang-ulang.
  5. Anda dapat melakukan gerakan yang satu ini setiap malam sebelum anda tidur, gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring miring maupun terentang, lalu angkat kaki secara perlahan peganglah kedua lutut dengan tangan. Atur nafas dan relaks.
  6. Gerakan-gerakan yang lainnya dapat anda lakukan pada saat waktu luang atau pada saat anda bersantai duduk di kursi, ataupun pada saat anda menonton televisi. Lakukanlah gerakan yang ringan seperti mengangkat satu kaki sejajar lurus dengan kursi, lakukan secara bergantian dengan kaki yang lainnya, tahan kaki yang sedang diangkat selama beberapa menit juga lakukan gerakan tersebut secara berulang.


Selain dari melakukan gerakan-gerakan untuk melemaskan otot, latihan lain yang juga penting bagi ibu hamil adalah latihan pernafasan. Karena pernafasan berperan sangat penting bagi proses persalinan. Latihan pernafasan ini dapat dilakukan berbarengan dengan beberapa gerakan-gerakan diatas. Padukan gerakan tersebut dengan pernafasan perut dan juga dada. Demi menjaga kesehatan pada saat hamil, gerakan senam hamil tersebut memang baik bagi kesehatan dan kelancaran kehamilan. Namun selain senam hamil tersebut, sangat dianjurkan  bagi ibu hamil mengkonsumsi buah dan sayur. Hal terpenting bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya ialah dengan cara rajin memeriksakan kesehatan kandungan pada dokter atau bidan yang anda percaya.

Gerakan Senam bagi Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)

Senam Saat Hamil (Cara Senam Hamil)

Senam Saat Hamil (Cara Senam Hamil)
Senam Saat Hamil (Cara Senam Hamil)
Senam Saat Hamil (Cara Senam Hamil) - Masa-masa kehamilan adalah masa yang sangat teramat penting untuk para ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Bisa dikatakan masa kehamilan adalah masa bahagia yang juga bercampur rasa lelah. Mengapa? Karena para wanita akan memikul beban selama lebih kurang 9 bulan. Selama masa kehamilan, para wanita diwajibkan untuk menjaga kesehatan mereka sebaik mungkin karena kondisi tubuh yang baik akan membantu perkembangan janin.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan oleh para ibu hamil adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi vitamin atau obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Selain itu, mereka juga diharuskan untuk berolahraga secara teratur. Pada umumnya, ibu hamil disarankan untuk melakukan senam hamil.

Bicara soal senam saat hamil, banyak ibu-ibu hamil yang bertanya, kapan sih sebaiknya mulai melakukan senam hamil? Tidak ada aturan baku mengenai kapan harus mulai melakukan kegian ini, namun banyak para dokter dan ahli kesehatan yang menyatakan bahwa senam hamil bisa mulai dilakukan saat usia kehamilan memasuki atau lewat dari minggu ke 22. Mengapa? Karena pada usia kandungan ini, kondisi kandungan akan mulai membesar, otomatis beban akan semakin berat. Di samping itu, kondisi cabang bayi yang juga mulai tumbuh mengharuskan kondisi tubuh untuk tetap fit. Untuk itulah, para ibu hamil disarankan untuk memulai senam hamil.

Senam hamil sendiri dibagi menjadi 4 tahapan berdasarkan usia kandungan. Tahap pertama dilakukan pada saat usia kehamilan memasuki usia 22 minggu sampai 25 minggu. Tahap kedua dilakukan pada minggu ke 26 sampai ke 30. Tahap ketiga di minggu ke 31 sampai minggu ke 35. Tahap terakhir pada usia kehamilan 36 minggu sampai sebelum melahirkan.

Senam Saat Hamil (Cara Senam Hamil)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India