Saturday, August 10, 2013

Cara Melakukan Senam Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)

Cara Melakukan Senam Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)
(Cara Senam Hamil)
Cara Melakukan Senam Ibu Hamil (Cara Senam Hamil) - Pada masa-masa kehamilan pastinya banyak hal yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan senam ibu hamil. Kehamilan merupakan saat-saat yang sangat diidamkan semua perempuan karena didalam rahimnya sudah ada calon bayi.

Hal yang harus diperhatikan oleh semua calon ibu adalah dengan tetap menjaga daya tahan tubuhnya. Kesehatan janin merupakan hal yang paling utama agar nantinya lahir seorang bayi yang sehat. Dengan begitu seorang ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatan janin mulai dari awal kehamilan sampai kelahiran.Asupan makanan yang dikonsumsi juga harus terjaga dengan baik agar calon ibu dan juga bayi bisa mendapatkan kesehatan. Selain itu calon ibu juga bisa melakukan beberapa gerakan-gerakan sederhana guna melancarkan semua peredaran darah diantara otot-otot tubuhnya.

Dengan teratur melakukan kegiatan tersebut maka hasil yang dirasakan adalah rileks dan santai. Tidak hanya itu, kesegaran dan kebugaran tubuh pasti terjamin sampai kelahiran nantinya.

Gerakan Sederhana Senam Ibu Hamil

Gerakan senam ibu hamil memang memerlukan pelatih khusus seperti yang sudah pernah dilihat sebelumnya.
gerakan senam ibu hamil
Namun disini kita akan membahas berbagai gerakan sederhana yang tidak memerlukan pelatih khusus dan bisa dilakukan dirumah.
  • Merangkak, lutut dalam posisi tegak, tangan terlentang sedangkan kepala menyender ke lantai. Dilanjutkan dengan gerakan kepala yang bergantian menoleh ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini dilakukan sesuai dengan kemampuan ibu hamil.
  • Bersila dengan badan dalam posisi tegak, tangan masih di depan. Gerakan ini bisa membuat pikiran lebih relaks. Gerakan ini lebih baik dilakukan ketika anda sedang duduk santai.
  • Berbaring. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara miring atau terlentang sedangkan kaki diangkat dan lutut bisa dipegang dengan kedua tangan. Gerakan ini cukup sederhana karena bisa dilakukan ketika hendak tidur malam.
  • Gerakan duduk dengan beralaskan sofa, kasur, bantal duduk, matras atau kasur. Ketika duduk melakukan gerakan dengan posisi badan mengangkang dan condong ke belakang dan posisi tangan dalam keadaan bertumpu pada lantai. Kedua kaki bisa digerakkan kearah atas, bawah, samping kanan dan kiri.
  • Gerakan duduk di kursi. Angkat salah satu kaki sembari meluruskan sejajar dengan kursi. Kaki yang satunya diangkat serta menahannya untuk beberapa menit. Gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian.

Manfaat Dari Melakukan Senam Ibu Hamil Muda

Menurut penelitian , manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan senam ibu hamil muda ternyata bisa dirasakan hingga nantinya sudah hampir memasuki masa persalinan. Namun kita tentu belum mengetahui mengenai apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan senam ibu hamil muda bukan?
  1. Mengurangi timbulnya rasa sakit ketika kontraksi.
  2. Menambah tenaga serta melatih otot-otot calon ibu. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa ketika melakukan persalinan, tenaga yang dikeluarkan oleh sang calon ibu untuk bisa mengeluarkan bayi sangatlah besar.
  3. Mengurangi berat badan selama hamil. Pada masa kehamilan berat badan pastinya akan terus mengalami kenaikan, namun dengan rutin melakukan senam ibu hamil kenaikan tersebut bisa berkurang dengan sendirinya.

Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil Muda

Setelah anda mengenal yang namanya gerakan sederhana maka disini anda akan mengetahui mengenai berbagai gerakan-gerakan paling dasar dari senam ibu hamil muda.
cara senam ibu hamil
Gerakan-gerakan tersebut diantaranya gerakan melatih elastisitas otot-otot tubuh, latihan diafragma dan pernafasan dada.
  1. Latihan beban. Tujuan dari melakukan gerakan ini ialah untuk mengurangi beban perut. Hal tersebut biasanya dialami ketika memasuki masa kehamilan diatas 7 bulan.
  2. Melatih elastisitas bagian otot tungkai.
  3. Latihan pernafasan dada.
  4. Latihan elastisitas bagian otot dasar pinggul.
  5. Latihan elastisitas bagian otot paha, perut dan pinggang.
  6. Latihan pernafasan diafragma.
  7. Latihan persendian payudara dan bahu.
  8. Senam relaksasi.
Latihan gerakan senam ibu hamil ini memang masih hanya sebatas teori namun akan bermanfaat ketika anda sudah bisa melakukannya. Poin pentingnya adalah bagaimana anda bisa melakukan secara rutin setiap hari selama masa kehamilan.Semoga pembahasan ini bermanfaat banyak terutama bagi anda yang memang sedang mencari tema senam untuk ibu hamil.

Cara Melakukan Senam Ibu Hamil (Cara Senam Hamil)

Cara dan Panduan Senam Hamil Yang Baik di Rumah (Cara Senam Hamil)

Cara dan Panduan Senam Hamil Yang Baik di Rumah (Cara Senam Hamil)
(Cara Senam Hamil)
Cara dan Panduan Senam Hamil Yang Baik di Rumah (Cara Senam Hamil) - Semua ibu hamil pasti menginginkan persalinan dapat berjalan lancar dan juga memiliki bayi yang sehat. Hal ini dapat terwujud jika tubuh anda dalam keadaan sehat yang dapat menunjang persalinan dan juga dapat mempengaruhi kesehatan buah hati anda. Nah, untuk memperoleh tubuh yang sehat, dapat anda lakukan dengan minum vitamin ibu hamil dan yang tak kalah penting adalah melakukan senam khusus yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Senam ini memang berbeda dengan gerakan senam yang biasa anda lakukan. dalam senam ini terdapat gerakan-gerakan khusus yang tidak dapat anda lakukan secara sembarangan dan oleh karena itu, sebelum anda melakukan gerakan senam ibu hamil sebaiknya anda mengetahui cara dan panduan senam hamil yang baik di rumah sehingga anda tidak akan salah langkah dalam melakukannya.

Berikut tutorial yang dapat admin berikan mengenai gerakan-gerakannya.

1. Latihan pernafasan
Gerakan ini dapat anda lakukan dengan tubuh telentang dengan lutut ditekuk dan tangan di atas dada. Hembuskan nafas dari mulut sambil kedua tangan anda menekan dada dan kemudian anda tarik nafas diikuti dengan gerakan mengembungkan dada. Ulangi gerakan hingga 8 kali hitungan dan gerakan ini dapat melatih pernafasan dada. Sedangkan untuk pernafasan diafragma dapat anda lakukan dengan posisi tangan di atas perut dan tubuh telentang kemudian lakukan hal yang sama pada latihan pernafasan dada.

2. Latihan otot panggul
Latihan otot panggul ini membantu untuk melatih kelenturan dan juga kekuatan otot. Gerakan ini dapat anda lakukan dengan lutut ditekuk dan tangan di samping badan. Kerutkan otot yang ada pada bagian paha sehingga pantat anda agak terangkat. Perlu anda perhatikan bahwa jangan mengangkat paha dengan sengaja.

3. Latihan otot perut dan paha
Untuk latihan ini dapat anda lakukan dengan posisi telentang dengan salah satu lutut ditekuk dan tungkai kanan lurus, posisi tangan di samping badan. Gerakkan tungkai anda secara rata dengan alas tidur anda, ke arah pantat dan ke arah mata kaki. Ulangi langkah ini hingga 8 kali hitungan.
Selain dengan gerakan di atas, anda dapat melakukan gerakan relaksasi sepertinya gerakan hyuga. Hal ini dapat memberikan efek positif bagi kesehatan anda dan juga bayi yang ada dalam kandungan anda.

Itulah uraian singkat mengenai cara dan panduan senam hamil yang baik di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda.

Cara dan Panduan Senam Hamil Yang Baik di Rumah (Cara Senam Hamil)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India