Tips Fit dan bugar untuk ibu hamil (Cara Senam Hamil)


'Taaruf' mencari pasangan hidup secara Islami (Tips Mencari Jodoh Islami)

Tips Fit dan bugar untuk ibu hamil (Cara Senam Hamil)

Tips Fit dan bugar untuk ibu hamil (Cara Senam Hamil) - INGIN SI KECIL LAHIR SEHAT DAN TUMBUH KEMBANGNYA MAKSIMAL? Jagalah kesehatan anda,baik secara fisik maupun psikis, agar tetap prima. Kondisi tubuh dan jiwa yang sangat baik akan membuat anda menjalani kehamilan dengan senang. Kemudian setelah si buah hati lahir, anda padat memberikan perawatan yang terbaik hingga tumbuh kembang pun optimal.


MAKANAN BERKUALITAS
Agar tubuh sehat di butuhkan makanan yang berkualitas. Seperti apa? Tak lain adalah makanan yang bergizi seimbang, beragam, bervariasi, dan proposional. Saat hamil, anda memerlukan makanan yang berkualitas bukan hanya untuk diri sebdiri, tetepi juga untuk sang janin yang sedang bertumbuh dan berkembang di Rahim anda. Itulah mengapa, azupan gizi yang kurang baik, selain membuat kebutuhan tubuh anda sendiri tak terpenuhi, Anda pun akan melahirkan bayi yang kecil atau bayi yang berat lahir rendah (BBLR). Setelah melahirkan, terlebih pada 6 bulan pertama, kebutuhan gizi sangat besar dari pada saat hamil.Selain untuk memulihkan kendisi kesehatan Anda usai bersalin, juga untuk produksi pembuatan ASI dan aktivitas sehari – hari, terutama untuk mengurus dan merawat si buah hati.
 
JAUHI GAYA HIDUP TAK SEHAT.
Beberapa yang terpenting adalah kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan penggunaan obat secara sembarangan bahkan terlarang.Baik dalam kondisi hamil atau tidak, hendaknya kehidupan tak sehat ini benar – benar di jauhi. Pastilah anda sudah paham akan dampak buruknya, baik terhadap diri sendiri maupun bayi yang dilahirkannya.

ANGKA KECUKUPAN GIZI
Berikut table angka kecukupan gizi rata – rata yang di anjurkan bagi ibu hamil dan menyusui (per orang per hari)

ZAT GIZI
DEWASA
HAMIL
MENYUSUI
0-6 BULAN
MENYUSUI
7-12 BULAN
Energi (kkal)
2200
+285
+700
+500
Protein (g)
48
+12
+16
+12
Vit. A (RE)
500
+200
+350
+300
Vit. D (mg)
5
10
10
10
Vit. E (mg)
8
10
12
10
Vit. K (mg)
65
65
65
65
Tiamin (mg)
1.0
+0.2
+0.3
+0.3
Riboflavin (mg)
1,2
+0.2
+0.4
+0.3
Niasin (mg)
9
+1
+3
+3
Vit. B12 (mg)
1.0
+0.3
+0.3
+0.3
Asam folat (mg)
150
+150
+50
+40
Piridoksin (mg)
1.6
2.2
2.1
2.1
Vit. C (mg)
6.0
+10
+25
+10
Kalsium  (mg)
500
+400
+400
+400
Fosfor  (mg)
450
+200
+300
+200
Besi  (mg)
26
+20
+2
+2
Seng  (mg)
15
+5
+10
+10
Iodium  (mg)
160
+25
+50
+50
Selenium  (mg)
55
+15
+25
+20
Sumber : lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Risalah Widyakarya Pangan dan Gizi VI, 1998, hlm. 877.

MENJAGA KEBUGARAN IBU HAMIL
Disamping makanan berkualitas, Anda juga harus menjaga kebugaran tubuh.Caranya, cukup istirahat dan lakukan olahraga.Jangan takut berolah raga asaat hamil. Dengan berolahraga, Anda akan merasa enak karena dapat mengurangi keluhan – keluhan yang mncul, dan menjaga anda tetap sehat. Nah dengan kondisi tubuh yang prima, Anda akan lebih siap menjalani proses persalinan. Usai bersalin, Andapun sudah boleh berusaha, dalam arti melakukan gerakan –gerakan ringan untuk mempercepat proses pemulihan atau senam nifas. Jadi, jangan keburu – buru ingin segera melakukan olahrega yang menguras keringat alias membuang kalori. Setelah tiga bualan bersalin barulah anda boleh melakukan olahraga yang membuat tubuh anda langsing kembali.
 
BEBAS DARI MASALAH PSIKIS
Hati – hati jika anda mulai tak bisa tidur, perasaan murung dan tak bisa konsentrasi.Itu tanda anda mengalami depresi ringan. Sekalipun dalam kondisi ini anda masih bisa menjalankan aktifitas dengan cukup memadai, tetapi bila tak segera di atasi, lama – lama depresi akan menjadi berat. Kalau sudah begini, tak ada lagi sinar kehidupam. Bayangkan bila hal ini terjadi pada ibu hamil?Pertumbuahn janinnya aka terhambat hingga lahir dengan berat badan rendah (BBLR).Bukankah orang depresi, jadi tak doyan makan?Boro – boro mau memikirkan makanan yang berkualitas, melihat makanan selezat apapun jadi tak berselera, kok.Tak hanya itu. Si bayi pun akan tumbuh menjadi anak yang sulit dan tidak bahagia. Betapa tidak?Dalam keadaan depresi, seorang ibu tak mungkin bisa optimal mengurus dan merawat bayinya.
 
Karena itulah, usahakan membebaskan diri dari segala masalah psikis.Jika pun sampai “terjerat”, segeralah minta bantuan ahli untuk mengatasinya.Janagn sampai “jeratan” itu semakin kuat mengikat jiwa anda.

PERHATIAN
Rekomendasi dan intruksi dalam buku ini bukan merupakan petunjuk medis.Segala resiko yang timbul dari latihan ini di luar dari tanggung jawab dokter, instruktur dan penulis.Latian ini di tujukan unruk ibu hamil dalam kondisi sehat normal.Bagi yang mempunyai komplikasi atau mempunyai riwayat komplikasi dalam kehamilan seperti pendarahan, kegugurn, kelainan leher Rahim atau lahir prematur disarankan untuk konsultasi dengan dokter.Ikuti semua gerakan sesuai petunjuk.

SEGERA HENTIKAN LATIHAN JIKA TIMBUL KELUHAN ATAU MERASA TIDAK NYAMAN.
Tips Fit dan bugar untuk ibu hamil (Cara Senam Hamil)

0 Response to "Tips Fit dan bugar untuk ibu hamil (Cara Senam Hamil)"

Post a Comment